Cursor

Valentine's Day Pumping Heart"var colours=new Array

Friday, February 7, 2014

Arti,penyebab dan cara mengatasi PUTUS ASA.

Kata PUTUS ASA sering kita dengar dan bahkan sering kita ucapkan dalam berbagai keadaan dimana mental seseorang sedang dalam keadaan lemah dan berpikir tidak ada gunanya melakukan suatu pekerjaan karena pekerjaan itu kan jadi sia-sia. sehingga mentalnya rentan dan rapuh. tidak berpikir secara rasional dan tidak ada sedikitpun semangat.
Ada beberapa hal yang kira-kira bisa menjadi penyebab orang menjadi putus asa dengan mempelajari penyebabnya, kita bisa tahu solusi untuk mengatasinya dengan demikian, diharapkan ke depannya kita bisa membuat hidup kita bisa menjadi lebih hidup,lebih berarti serta lebih bermakna.
Sebab-sebab itu diantaranya sebagai berikut :
1. Pendidikan masa kecil yang terlalu dimanja
anak yang terlalu dimanja saat kecil dan remaja bisa membuat anak rapuh dan tidak kuat bila suatu saat menghadapi sedikit rintangan dalam hidupnya. ia sudah terbiasa hidup enak dan dilayani sehingga kurang punya kreativitas bisa menemui kesulitan. tapi hal ini bisa diubah bisa lingkungan selanjutnya (misal lingkungan kuliah) bisa mendukung dia untuk dewasa dan mandiri.
2. Trauma masa lalu
semua manusia punya masa lalu dan seringkali masa lalu itu adalah hal yang pahit dan sulit dilupakan dalam hati. ada manusia yang bisa memaafkan masa lalu, tapi ada yg sulit untuk memaafkan dan selalu saja membekas dalam hatinya. seolah luka itu sulit untuk sembuh. nah, trauma atau kegagalan masa lalu ini bisa menjadi penyebab seseorang untuk putus asa. namun hal ini bisa diatasi dengan selalu menanamkan pikiran positif dalam dirinya. juga selalu menanamkan iman dalam hati, sehingga bisa menatap masa depan dengan lebih bercahaya…..
3. Kurang bersyukur
sebetulnya manusia itu punya keistimewaan. namun manusia seringkali tidak melihat itu dalam dirinya. yang dilihat hanyalah kekurangan semata. padahal kalau mau mengaca dan mau melihat lebih dekat keadaan sekelilingnya, sebetulnya kita lihat masih banyak orang yang kondisinya di bawah kita. bila kita mampu melihat ke bawah insyaAllah kita akan menemukan banyak hal yang lebih dalam diri kita. dengan demikian kita tidak mudah putus ada bila dihadapkan pada kesulitan.
4. Iman yang rapuh
iman yang ada dalam hati kita bisa naik bisa turun. nah bisa saat iman turun bisa menyebabkan kita putus asa. maka dari itu menjadi kewajiban kita untuk meningkatkan keimanan kita, minimal mempertahankan iman kita. dengan cara menambah ketaatan kita pada Allah dan menjauhi yang haram. dengan iman yang kuat insyaAllah hati kita akan tegar dalam menghadapi berbagi kesulitan.
5. Keadaan lingkungan yang tidak mendukung
ini banyak menjadi penyebab orang menjadi patah arang, walaupun sebetulnya kita tidak bijak kalau menyalahkan lingkungan. bagaimanapun kita harus menyadari bahwa lingkungan itu tetap ada entah kita salahkan atau tidak. yang hanya kita lakukan hanyalah berusaha, berusaha mengubah lingkungan agar sesuai dan sejalan dengan keinginan dan cita-cita kita. kalaupun lingkungan tidak berpihak, maka kita bisa pindah ke lingkungan yang baru atau hijrah.
Setelah kita mengetahui penyebabnya tentu kita ingin mendapatkan suatu solusi yang sesuai dalam mengatasi,menyikapi atau menghadapi rasa putus asa tersebut.
Hal-hal yang bisa coba untuk dilakukan antara lain :
1. Cobalah untuk bersyukur. Renungi apa yang telah diberikan Tuhan untuk kita. Masalah yang dihadapi mungkin sangat berat. Tapi Tuhan tidak akan memberikan cobaan melebihi kemampuan yang hambanya miliki.
2. Jangan mudah mengeluh. Sering mengeluh hanya akan membuat kita mudah menyerah. Orang yang kaya hati adalah  orang yang paling sedikit mengeluh.
3. Bangkit. kumpulkan semangatmu. ingat semangatmu lebih besar dibandingkan masalah yang kamu miliki.
4. Yakin, yakinkan dirimu bahwa tidak ada masalah yang tidak ada solusinya, tergantung kita menghadapinya. bagaimana kita berusaha memecahklan maslah tersebut dengan bijak
5. jika dengan cara meyakinkan diri sendiri tersbut belum menghilangkan rasa putus asa, maka cobalah untuk berbagi keluh kesahmu dengan teman, keluarga, sahabat, atau orang yang kamu percayai.
cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan rasa keputus-asaan yang kita hadapi. Ada suatu nasehat yang bisa diikuti yaitu, “jika kamu ingin hidup tanpa masalah, hidup saja di surga, tidak perlu kamu hidup di dunia, hidup itu selalu ada masalah. dan cara untuk menghadapi masalah itulah merupakan proses menjadi manusia yang lebih baik lagi.
Dengan kita lebih bersyukur dan memaknai hidup dengan bijak. maka putus asa yang berujung pada mengakhiri hidup akan kita buang jauh-jauh pikiran tersebut.
Selamat mencoba ,semoga kita tidak terjerembab dalam keputus- asaan yang terus menerus serta jangan lupa tetap bermohon tambahan kekuatan dari Allah swt . karena tanpa -Nya kita tidak ada daya dan kemampuan apapun.

No comments:

Post a Comment